Pertama Kali ke Singapura ? Ketahuilah Hal Ini

Setiap negara yang maju pasti diiringi oleh penduduknya yang tertib.Yap,begitu lah negeri tetangga kita ,Singapura .Beda negara beda peraturan tentunya dong ! xD
Peraturan yang telah dibuat oleh negara tentu sangat memengaruhi gaya hidup penduduknya .Singapura terkenal dengan julukan "Negeri 1001 Larangan".

Tidak semua peraturan bersifat tertulis ,peraturan juga terdiri atas kebiasaan dan norma2 yang berlaku .Saya sendiri pas pertama kali ke Singapura,tidak mengetahui apa apa setelah dijelasin oleh tour guide nya barula tau.Wajar bila anda pertama kali pergi ke Singapura anda ditegur.Hehehehe...

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui :

1.Buanglah sampah pada tempatnya 

Bukan seperti Indonesia ya !! Yang bebas membuang sampah di mana saja bahkan sungai. Hindarilah membuah sampah di Singapura .Jika sampai anda kepergok/ketahuan anda membuang sampah anda akan diberi sanksi berupa denda dan peringatan hingga sebesar SGD 1000,wih naik haji langsung wkwkwkw. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan, Singapura menerapkan sistem memilah sampah .Terdapat CCTV di sepanjang kota ini.

2.Larangan Merokok
Singapura telah menerapkan larangan merokok.Boleh sih merokok di Singapura,TAPI merokoklah pada tempat yang telah disediakan,seperti di ruangan terbuka yang memperbolehkan merokok .Merokok ditempat yang dilarang akan diberi sanksi .Harus 18+ ya !! wkwkwk

3.Menyebrang di Jalan Raya
Pejalan kaki adalah Raja .Kenapa? Pengguna jalan raya(mobil,dll) akan berhenti pada waktu lampu merah menyala dan disaat itulah pejalan kaki menyebrang .Sebranglah pada zebra cross jangan abal abal nyebrang di Singapura,Singapura menyediakan tombol untuk mempercepat lampu hijau pejalan kaki di setiap sisinya. 

4.Naik Escalator 
Berdirilah di sisi kiri escalator,karena sisi kanan escalator dikosongkan untuk pengguna escalator yang ingin berjalan.Ini berlaku untuk setiap escalator di Singapura di mall,MRT,gedung,dan lain. Kecuali pada jam sibuk,peraturan sis kiri ini tidak diterapkan karena ramai yang menggunakan sehingga harus berantri.

5.Mana Air nya ????

Jika anda sedang menggunakan toilet di Singapura,jangan bingung ya karena pada umumnya toilet di Singapura menggunakan tisu,tidak menggunakan selang air.

6.Self Service lho

Tau maksud self-service?Self service adalah layanan yang dilakukan sendiri alias mandiri.Rumah makan/food court di Singapura pada umumnya menggunakan self service jadi tidak ada waiternya.Untuk mengetahuinya akan ditempel kertas self-service jadi anda harus mengambil pesanan anda sendiri.Seperti pengalaman,saya memesan prata di sebuah restoran setelah saya tunggu rupanya self- service ambil sendiri.

7.Larangan Makan Permen Karet

Menikmati atau mengunyah permen karet dilarang di Singapura dan bisa terkena denda! Pelarangan ini termasuk penjualan, pembuatan, dan pengimporan permen karet. Permen karet hanya boleh dijual di apotik untuk tujuan kesehatan gigi atau permen karet anti nikotin untuk perokok. Pelarangan itu terkait dengan kebersihan lingkungan, karena bekas permen karet lengket dan susah dibersihkan. 

8.Budayakan Mengantri
 
  

Budayakanlah mengantri di mana saja.Sama halnya di Singapura ,para warganya mengantri dimana saja di mall,food court,bioskop,mrt  dan lainnya.Mengantri sangatlah penting yang penting anda harus bersabar aja ya.Jangan coba coba motong :v.


Sekian yang saya bisa post,ngomong ngomong jika ada keliru atau hal yang ingin ditanyakan bisa menghubungi saya lewat backpagram@gmail.com
Terima kasih dan jangan lupa like fanspage kami ya !!  





Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar: